Friday, July 13, 2018

Ini Contoh Alat Kesehatan Yang Ada Di Ruang IGD Puskesmas

Alat kesehatan IGD Puskesmas memang tidak selengkap Rumah Sakit dan klinik tingkat daerah. Namun setidaknya ada standar khusus yang ditetapkan pemerintah dimana setiap pusat pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan harus memberikan pelayanan IGD dengan maksimal. 

puskesmas kassi kassi

Untuk mewujudkan hal tersebut, ruang IGD Puskesmas juga harus didukung dengan alat – alat medis yang lengkap atau minimal berfungsi secara efektif dan efisien dalam menjalankan fungsi dan peranan ruang IGD Puskesmas. Apa saja kira – kira kebutuhan alat alat kesehatan di ruang IGD Puskesmas ? 

1. Tabung Oksigen

Alat yang satu ini wajib ada di pusat pelayanan kesehatan manapun. Oksigen merupakan kebutuhan vital makhluk hidup tidak terkecuali manusia. Tabung oksigen memikiki fungsi sebagai penyimpan persediaan oksigen yang sewaktu – waktu siap digunakan oleh pasien yang membutuhkan. Tabung Oksigen harus disiapkan di ruang IGD karena kondisi pasien yang baru masuk bisa jadi mengalami sesak napas dan membutuhkan oksigen segera. 

2. Streetcher (Tandu)

Tandu atau dalam istilah medis bisa disebut dengan stretcher, yaitu alat yang berfungsi untuk mobilisasi pasien. Perpindahan pasien dari satu tempat menuju ke tempat lain. Misalnya, dari ambulan ke IGD, dari ruang IGD ke ruang lainnya, atau dari IGD masuk ke ambulance untuk dirujuk. Dan alat ini harus bekerja cepat. 

3. Instrument

Alat kesehatan IGD puskesmas yang juga harus ada yaitu alat instrument lengkap. Yang dimaksud instrument yaitu alat – alat yang digunakan untuk penanganan berbagai macam luka seperti memar, lecet, robek, patah tulang, dan lain sebagainya yang bersifat darurat dan harus segera ditangani. 

Ada banyak lagi alat lainnya yang terdapat di Ruang IGD Puskesmas seperti meja periksa pasien, infus set, alat suntik, kapas, pembersih luka, perban, dan berbagai macam alat lainnya yang diperlukan untuk penanganan darurat. Masing – masing puskesmas di tempat yang satu dan yang lain berbeda, namun memiliki standar yang harusnya sama dalam kualitas dan kuantitas. Sekian, semoga bermanfaat !